CARA MEMBUAT PROPOSAL BISNIS




Cara membuat proposal Bisnis



> Pengertian             > Manfaat

> Mekanisme            > Obyek

>Aspek Pemasaran   > Sasaran 


Apa Pengertian Proposal Bisnis ?

 Proposal Bisnis adalah media umum tertulis dan sistematis yang dibuat oleh wirausahawan untuk menjabarkan mengenai rencana usaha secara tepat sesuai Proposal Bisnis lebih dikenal dengan Surat pengajuan atau permohonan


Apa Manfaat Proposal Bisnis ? 

1. Dapat digunakan sebagai kerangka untuk mendirikan bisnis. 

2. Dapat digunakan untuk bahan perbandingan antara rencana sebelumnya dan hasil yang ingin diraih. 

3. Dapat digunakan untuk merancang strategi bisnis serta menggali kelebihan maupun kekurangannya. 

4. Dapat digunakan untuk membantu wirausahawan dalam mengkaji bidang usaha yang dijalaninya melalui sudut pandang orang lain. 

5. Dapat digunakan sebagai alat untuk mengembangkan bisnis.

6. Dapat digunakan untuk mendata persaingan pada lapangan, resiko yang akan dihadapi, serta membantu wirausahawan dalam mengambil langkah antisipasi resiko tersebut. 

7. Dapat digunakan sebagai alat transparansi anggaran yang dibutuhkan. 

8. Dapat digunakan sebagai materi yang diajukan untuk menjalin kerjasama dengan investor. 

9. Dapat digunakan untuk mengajukan pinjaman modal kepada pihak bank atau pihak lainya.

Aspek Pemasaran dalam Proposal Bisnis ? 

1. Gambaran umum pasar – menggambarkan segmentasi pasar, target pasar, serta positiong atau bagaimana perusahaan Anda menempatkan produk di tengah-tengah pesaing usaha yang sejenis. 

2. Permintaan pasar – Anda harus bisa menggambarkan perkiraan permintaan pasar terhadap produk yang akan Anda jual. Sebisa mungkin Anda harus menuliskan proyeksi permintaan pasar terhadap produk Anda, bila memungkinkan tulislah prediksi kenaikan persentase permintaan pasar terhadap produk Anda. 

3. Rencana penjualan produk – Anda harus bisa menjelaskan mengenai cara Anda untuk mulai menjual produk di awal-awal ketika produk Anda belum dikenal hingga strategi penjualan bila animo pasar sedang turun. 

4. Strategi pemasaran – salah satu aspek penting yang tidak boleh dilupakan dalam berbisnis adalah mengenai strategi pemasaran. Tanpa tim pemasaran yang baik, produk tingkat tinggi pun akan sulit terjual.




Komentar